Level Produk Terhadap Iklan Garuda Indonesia

Level Produk Terhadap Iklan Garuda Indonesia

halo teman-teman semua, untuk membaca post-an ini kami menyarankan anda menonton iklan dari Garuda Indonesia di link berikut ini yaa:



Secara konseptual, produk adalah pemahaman subyektif dari produsen atas sesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli pasar. Selain itu, produk dapat pula didefinisikan sebagai persepsi konsumen yang dijabarkan oleh produsen melalui hasil produksinya. Secara lebih rinci, konsep produk total meliputi barang, kemasan, merek, label, pelayanan, dan jaminan .

Dalam merencanakan penawaran atau produk, pemasar perlu memahami lima tingkatan produk, yaitu:

Produk utama/inti (core benefit), yaitu manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pelanggan dari setiap produk. Dalam bisnis Garuda indonesia ini adalah bisnis yang berjalan dibidang transportasi /perpindahan , manfaat utama yang dibeli para tamu adalah ‘untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain ‘.

Produk generik, yaitu produk dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar (rancangan produk minimal agar dapat berfungsi). Contohnya, Pesawat  merupakan suatu transportasi udara yang memiliki banyak tempat duduk dan fasilitas lainnya untuk disewakan.

Produk harapan (expected product), yaitu produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dan kondisinya secara normal (layak) diharapkan dan disepakati untuk dibeli. Sebagai contoh Garuda indonesia menawarkan beberapa tawaran untuk konsumennya seperti kenyamanan didalam pesawat , Bagasi , tempat duduk yang luas ,ketepatan waktu pesawat , kemudahan akses dan lain lain 

Produk pelengkap (augmented product), yakni berbagai atribut produk yang dilengkapi atau ditambahi berbagai manfaat dan layanan, sehingga dapat memberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dengan produk pesaing. Garuda menyediakan Gratis bagasi terhadapkonsumennya , menyediakan makan dan minum gratis sesuai dengan selera konsumen ,terdapat fasilitas entertaiment seperti film,musik,live tv,games,majalah dan koran , proses imigrasi yang cepat bebas antri dll.

Produk potensial, yaitu segala macam tambahan dan perubahan yang mungkin dikembangkan untuk suatu produk di masa mendatang. Melengkapi kebutuhan milenial jaman sekarang , mulai dari makanan ,minuman , dan layanan entertaiment , dan meningkatkan kenyamanan .


                         

Pembahasan

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa sebuah produk mempunyai tahapan produk atau Level produk, Tahap awal level produk yaitu tahap produk utama / inti, produk utama yang dijual oleh Garuda Indonesia ialah Transportasi yang manfaatnya sendiri ialah melakukan perpindahan dari suatu tempat ke tempat yang lain

Lalu Tahap yang kedua yaitu produk Generik yaitu produk yang memenuhi fungsi produk terdasar, contohnya pada Pesawat Garuda ini supaya bisa menjalankan fungsinya sebagai alat transportasi untuk perpindahan Pesawat ini mempunyai kabin pesawat, kursi pesawat dan fasilitas lainnya yang mendukung fungsi  dasar produk supaya bisa menjalankan manfaatnya , lalu masuk ke tahap produk ketiga yaitu produk harapan, produk harapan ialah produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dan kondisinya secara normal (layak) diharapkan dan disepakati untuk dibeli, seperti halnya pada pesawat Garuda Indonesia ini contohnya kursi, kursi ialah suatu produk generik dimana tahapan produk ini untuk melengkapi kebutuhan dasar produk

Lalu di tahap ketiga yaitu produk harapan kursi pada pesawat Garuda indonesia ini memiliki kenyamanan tersendiri dan beda tidak seperti maskapai lainnya yang memiliki kursi sempit, lalu terdapat fasilitas fasilitas seperti tv,earphone dan fasilitas entertaiment lainnya, lalu masuk ke tahap produk ke empat yaitu produk pelengkap, seperti contohnya pada produk harapan sebelumnya terdapat fasilitas seperti tv,earphone dan lainnya dan tv ini dilengkapi lagi dengan tersedianya live tv, kumpulan Film, Kumpulan musik dll dan bisa didengarkan melalui earphone yang sudah diberikan.

Lalu masuk ketahap produk terakhir yaitu produk potensial dimana produk potensial adalan produk yang harus diperbarui di masa mendatang atau lebih tepatnya melihat kekurangan apa yang ada pada tahapan tahapan produk sebelumnya lalu diperbaiki bahkan dikembangkan sesuai zamannya ,menurut saya Garuda Indonesia adalah Maskapai terbaik no 1 di Indonesia karena dengan harga yang ditawarkan Garuda ini memang mahal namun terbayar akan fasilitas dan pelayanan yang sudah diberikan Garuda Indonesia kepada konsumennya mungkin berbagai fasilitas dalam pesawat dan pelayaanan dalam pesawat harus dikembangkan seperti dalam makanan dan minuman , Garuda bisa memperbanyak pilihan menu dan makanan nya , lalu dalam bidang fasilitas mungkin suatu saat nanti di dalam pesawat konsumen bisa menggunakan hp nya seperti biasa tanpa dimatikan , itu menurut saya adalah suatu keunggulan tertentu pada pesawat tersebut jika memang benar bisa dilakukan seperti itu , karena pada zaman ini handphone sangatlah penting bagi manusia selain untuk berkomunikasi bisa melakukan hal lainnya .

Komentar

Postingan Populer